5 Jenis Media Promosi Cetak Untuk Promosi Bisnis Anda

Promosi merupakan salah satu strategi untuk memperkenalkan produk atau brand dari bisnis itu sendiri ke khalayak umum. Promosi sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan baik oleh perusahaan, tim marketing atau pemasaran hingga pedagang. Media promosi cetak adalah suatu media promosi dalam bentuk brosur, pamflet atau sejenisnya yang biasa dilakukan untuk promosi, baik di ruangan indoor atau outdoor.

Sudahkah Anda mengerti cara membedakan jenis-jenis media promosi cetak? Berikut ini akan ditampilkan beberapa pilihan media cetak yang bisa dijadikan media promosi sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk kenali 5 jenis media promosi cetak yang bisa digunakan untuk bisnis Anda.

Kartu Nama

Promosi bisnis tidak hanya berupa produk saja, tapi juga bisa berupa jasa. Misalnya jasa profesional dari seorang dokter, insinyur, arsitek, hingga pebisnis seperti Anda. Buatlah kartu nama yang berisikan nama lengkap serta profil singkat beserta alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa memberikan atau bertukar kartu nama dengan orang terdekat dalam ruang lingkup bisnis Anda, sehingga selain Anda bisa mempromosikan keahlian sendiri, Anda juga bisa memiliki banyak kerabat dalam bisnis.

 

Poster

Sebagai sarana komunikasi kepada khalayak umum mengenai suatu event atau produk bisnis tertentu, poster biasanya digunakan sebagai media promosi cetak yang cocok digunakan sebagai media promosi di dalam maupun di luar ruangan. Buatlah poster dengan ukuran yang relatif besar agar bisa lebih mudah menarik perhatian masyarakat sekitar. Buat desain poster semenarik mungkin agar informasi yang disampaikan dapat dibaca dengan jelas oleh pembaca.

 

Brosur

Jika Anda ingin membagikan media promosi cetak untuk orang banyak atau untuk tamu perusahaan, Anda bisa menggunakan brosur atau pamflet dengan beragam ukuran. Biasanya brosur ini dibuat dalam bentuk kertas yang dilipat, sehingga didalamnya terdapat banyak informasi yang akan disampaikan kepada pembaca. Ukuran kertas yang digunakan juga berbeda-beda, biasanya ukuran kertas yang digunakan adalah ukuran A4 atau A5.

 

Media Massa

Apakah Anda pernah menemukan iklan yang terpampang di media massa atau media cetak? Ya, Anda bisa membagikan informasi mengenai produk bisnis Anda melalui media massa seperti majalah, koran, tabloid atau lainnya. Menjadikan media massa sebagai media promosi cetak merupakan langkah yang tepat dan akan berpeluang bisnis Anda laku di pasaran.

 

Buku Katalog

Jika Anda memiliki banyak produk yang dijual dan ingin mempromosikan semuanya sekaligus, Anda bisa menggunakan katalog sebagai media promosi bisnis Anda. Biasanya katalog menjadi salah satu media promosi favorit karena lebih mudah menarik pembaca untuk melihat lebih jauh mengenai produk-produk yang ditawarkan melalui gambar-gambar menarik serta tulisan deskripsi produk yang memancing pembaca untuk membeli produk tersebut.

 

Meskipun saat ini sudah banyak perusahaan yang mengandalkan media online sebagai media promosi mereka, namun bukan berarti pemasaran secara fiskal atau offline ini sudah ditinggalkan. Media promosi cetak masih menjadi pilihan banyak perusahaan untuk mempromosikan produk bisnis mereka melalui tulisan dan gambar-gambar. Mengapa media cetak masih efektif untuk kegiatan promosi bisnis? Karena saat ini masih banyak orang yang tidak paham internet dan media cetak dinilai masih mampu menarik perhatian calon pelanggan untuk membaca seluruh informasi pada media cetak promosi dan mengenal lebih jauh mengenai produk bisnis Anda.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP